Kamis, 02 Mei 2013

CONTOH BERPERILAKU DALAM ISLAM





Assalamulaikum wr.wb
Sebelum masuk ke dalam Perilaku Islam mari kita cari tahu apa pengertian Perilaku Islam itu.
Perilaku merupakan tindakan atau perbuatan suatu organisme yang dapat diamati dan bahkan dipelajari, bisa juga di artikan sebagai suatu aksi dan reaksi organisme terhadap lingkungannya. Reaksi yang dimaksud digolongkan menjadi 2, yakni dalam bentuk pasif (tanpa tindakan nyata atau konkrit), dan dalam bentuk aktif (dengan tindakan konkrit). Hal ini berarti bahwa perilaku baru akan terwujud bila ada sesuatu yang diperlukan untuk menimbulkan tanggapan yang disebut rangsangan, dengan demikian maka suatu rangsangan tertentu akan menghasilkan perilaku tertentu pula.

“ Islam akan terasa indah ketika kita mampu mengIndahkan-Nya 
                Islam yakni Iman, Ilmu, dan Amal.
Iman mempunyai empat tanda diantaranya berikrar akan ke-Esaan Allah SWT, beriman pada-Nya, beriman pada kitab-kitab-Nya, serta beriman pada rasul Rasul-Nya.
Ilmu ada empat yaitu ilmu tentang Allah, ilmu tentang para kekasih-Nya, ilmu tentang syariat-Nya, dan ilmu cara memeliharanya agar bisa diamalkan.
Amal adalah salat, puasa, zakat dan ikhlas.
                Berikut adalah contoh berperilaku dalam Islam :
1.     Jujur ada empat yakni jujur dalam kata-katanya, percaya pada janji dan ancaman Allah, setia pada janjinya, dan menghindari diri dari berlaku curang.
2.      Selalu Bersyukur pada Allah ketika mendapat nikmat, sabar ketika menerima bencana, merasa cukup dengan pembagian rizki dari Allah, dan tidak memuji atau mengagungkan selain Allah.
3.     Yakin bahwa Allah itu Mahabenar lalu dia beriman pada-Nya, yakni bahwa mati adalah suatu ketentuan yang pasti lalu dia bersiaga terhadapnya, yakin bahwa hari kebangkitan adalah benar lalu dia takut dipermalukan lantaran aib-aib yang pernah dilakukannya, yakin bahwa sorga itu benar lalu dia rindu padanya, dan yakin bahwa hisab Allah itu benar lalu dia menghisab dirinya lebih awal.
4.     Ikhlas ada empat yaitu hatinya ber-taslim, anggota tubuhnya dipasrahkan pada Allah, berbuat amal baik dan menahan diri dari perbuatan yang buruk.
5.     Saleh senantiasa berupaya menjernihkan hatinya, memperindah amal perbuatannya, bersikap teliti dan hati-hatidalam pendapatannya, serta tepat dalam menangani perkara-perkara yang dihadapinya.
6.     Bertakwa ada enam yakni dia takut pada Allah, dia bersikap hati-hati dari murka-Nya, dia melewati hari-harinya seakan melihat-Nya, dia tidak menjadikan dunia sebagai perhatian utamanya dan tidak mengagungkannya sedikitpun.
7.     Sabar ketiaka menerima bencana, berniat baja ketika akan berbuat amal kebajikan, bersikap rendah diri.

Berikut artikel mengenai contoh berperilaku dalam Islam. Semoga dengan Keimanan yang kuat dan telah mendapatkan Ilmunya, Anda bisa  mengamalkannya dan menjadikan hidup Anda menjadi lebih Indah.
                Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.